Glitter Words

Waktu Indonesia Barat

Minggu, 17 April 2011

Debat Masalah Kejujuran Ujian Nasional (UN)

Tahun ini (2011), aku Ujian Nasional tingkat SMP !
Dan tinggal 1 Minggu lagi menjelang hari-H (25 April)..
Besok, 18 April Ujian Nasional tingkat SMA..
Aku do'akan, semoga kakak-kakakku diberi kemudahan..
Dan kita semua LULUS !
Amin..

Kali ini aku akan memposting sebuah debat, yang kebetulan tadi aku baru saja dapat SMS dari seorang teman (nama disembunyikan).
Isinya begini:

Jangan ngaku lo BERSOLIDARITAS kalo temen lo nanya ga diBANTU,
jangan ngaku lo BAIK kalo sampe sekarang masih liat temen lo khawatir siapa yang akan nolong dia pas UN,

jangan ngaku lo PINTER kalo masih ada temen lo yang ENGGA LULUS UN tahun ini,
jangan ngaku lo HEBAT kalo temen lo ada yang NANGIS pas pengumuman UN nanti.
Pelit dan Ngebohongin itu engga guna INI BUKAN AJANG LOMBA siapa TERPINTAR & CERDAS.
kalo lo mau sukses di UN ini tanpa mikirin temen lo,
INGET KARMA BERJALAN belom tentu MASA DEPAN LO YANG SUKSES !

lalu aku membalas SMSnya, begini:

justru CURANG yang nggak baik !
PELIT itu bagus !
apa jadinya generasi bangsa kalo dari sekarang dikasih ujian CURANG SEMUA ?
ini memang bukan AJANG KOMPETISI, tapi inilah UJIAN yaitu menguji bagaimana KEMAMPUAN KITA bukan KEMAMPUAN ORANG LAIN.
orang yang nanti pada saat UN mengerjakan dengan JUJUR, pasti akan jadi ORANG YANG SUKSES, kau malah bilang sebaliknya !
ingat karma katamu ??
INGAT YA, kalau kita:
1. BELAJAR SUNGGUH-SUNGGUH
2. RAJIN BERDO'A
3. TAWAKKAL DAN PERCAYA DIRI
insyaAllah akan DIMUDAHKAN dalam UJIAN. lakukan kalau kau PERCAYA TUHAN MAHA ADIL.
Tuhan tidak akan menghukum karma bagi orang yang MENJUNJUNG TINGGI KEJUJURAN UN.
Tuhan akan menghukum orang yang MALAS BELAJAR, MALAS BERDO'A, tapi INGIN LULUS jadinya CURANG DENGAN CARA NYONTEK.
itu GODAAN SYAITAN.
JAUHKAN dari HATI KITA pikiran seperti itu.
BERPIKIRLAH SECARA CERDAS !



aku juga pernah membahas masalah ini di sebuah forum, dan ternyata banyak member yang mendukungku. salah satu komentarnya begini:

saluttt buat kamu.. tetaplah konsisten! jangan mencontek ataupun memberikan contekan. hari gini, jarang2 ada pelajar idealis kek gini. percaya deh, kamu gak akan kehilangan teman. hal seperti ini akan berefek panjang, mereka yang suka mencontek biasanya suka dengan jalan pintas, ini sama skali gak baik buat masa depan. untuk menghindari konflik, menurutku sih ajaklah teman2mu belajar bersama sebelum ujian, dengan alasan.. "waktu ujian, ku gak bisa kasih contekan lo.." xixixi..

check di sini http://www.indonesiaindonesia.com/f/99269-pelit/

bukannya aku tak mau memperhatikan teman,
aku SIAP jika mulai dari sekarang belajar kelompok sama teman untuk persiapan ujian.
karena kita harus bersiap sebelum bertempur !
yah, tak dapat dipungkiri lagi kalau aku memang pelit kalau lagi ujian.
predikat itu sudah diraih Sundus Maysun di sekolah.
aku tidak takut dimusuhi teman,
karena aku yakin yang kulakukan itu benar.
saat ujian aku pelit, tapi saat kegiatan belajar sehari-hari aku terbuka dan suka share.
malah sering juga bertanya ke teman kalau aku belum bisa.
sat ujian/ulangan, hal itu bukan peraturan tak tertulis lagi, tapi sekarang sudah menjadi peraturan tertulis dan SAH.
sebelum ujian dimulai, guru akan membacakan TATA TERTIB UJIAN dan salah satunya dilarang mencontek, kerjasama, atau hal lain yang bisa disebut curang.
jadilah siswa yang mematuhi aturan sekolah !
jangan meminta contekan, dan jangan memberi contekan !

sekian, pembaca yang budiman.
jika punya pendapat lain beri komentar ya !

4 komentar:

  1. aq dah follow neh. Pliz follow back y http://unnie-ayrie.blogspot.com Thanks

    BalasHapus
  2. bagus dah tu postingan

    BalasHapus
  3. bagus banget teh :)
    I LIKE IT :)

    BalasHapus
  4. wah artikenya bagus dan bermanfaat gan, mksih yah atas infonya dan sukses selalu gan! :)

    BalasHapus